Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Manusia yang harus di ketahui? Pasti kalian tidak asing dengan nama bawang merah, tentunya bukan merupakan seorang tokoh film yang bersifat antagonis terhadap lawan mainnya yaitu bawang putih. Bawang merah dengan nama latin Allium cepa L. var. aggregatum merupakan jenis umbi yang terkategori sebagai umbi lapis yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan seperti, untuk resep nasi goreng, rendang, tumis sayuran, dll.
Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Manusia

Rasa gurih dan aroma wangi yang menggugah selera ketika digoreng merupakan alasan utama bawang merah digunakan sebagai bumbu dalam memasak. Selain digunakan sebagai bumbu untuk memasak, bawah merang juga sering kali digunakan untuk obat penurun demam (akibat batuk pilek, infeksi tenggorokan, diare, gondongan, campak, cacar), sariawan, pilek, masuk angin, kembung, cacingan, disentri, sembelit, maag, menurunkan kolesterol, menormalkan kadar gula darah, dan sakit kepala.

Biasanya cara pengobatan dengan menggunakan (bawang merah (di wikipedia) ini dilakukan degan cara dikonsumsi secara langsung atau melumuri bagian badan dengan campuran bawang merah yang sudah lumat degan minyak kayu putih atau minyak kelapa.

Beberapa manfaat di atas disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam bawang merah. Berdasarkan direktorat gizi departemen kesehatan RI Tahun 1979, bawang merah mengandung air 88,00 gram, karbohidrat 9,20 gram, protein 1,50 gram, lemak 0,30 gram, vitamin B 0,03 mg, vitamin C 2,00 mg, kalium (K) 36,00 mg, besi (Fe) 0,80 mg,
fosfor (P) 40, 00 mg, energi 39, 00 mg, dan bahan yang dapat dimakan sebesar 90,99 %. Selain zat tersebut, senyawa tiosulfinat juga merupakan zat yang terkandung dalam bawang merah. Senyawa tiosulfinat ini merupakan zat yang sangat efektif membunuh dan menghambat banyak bakteri umum seperti, bakteri penyebab typhus, pneumonia, dll.

Selain beragamnya manfaat dari bawang merah, ketika kita mengiris bawang merah akan dapat menyebabkan mata kita mengeluarkan air mata. Bukan karena hujatan bawang merah, tetapi karena ketika bawang merah diiris terdapat sulfur yang akan bereaksi dengan suatu enzim, sehingga menghasilkan gas yang bernama sin-propanatial-S-oksida. Senyawa tersebut dapat mengiritasi mata sehingga dapat memicu keluarnya air mata. Air mata ini dihasilkan untuk mengeluarkan dan meghalangi zat sin-propanatial-S-oksida yang masuk ke mata. Jadi ketika gas tersebut akan atau masuk ke mata, air mata yang dihasilkan akan melarutkan gas tersebut sehingga terbawa keluar bagian mata kita.

Sebagai informasi tambahan, ternyata air mata sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, selain untuk menghindari zat yang bersifat iritan, air mata juga berfungsi untuk melembabkan mata sehingga dapat memudahkan bola mata untuk bergerak, serta melindungi mata dari bakteri dan kotoran. Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata yang terletak di atas mata dekat pelipis.

Untuk mengatasi agar mata kita tidak berair ketika mengiris bawang, diantaranya yaitu menyimpan bawang merah sebelum diiris ke dalam kulkas, memasukannya ke dalam air es, dan menggunakan kipas angin yang arah tiupan anginya tegak lurus dengan mata kita ketika mengiris bawang. Dengan menyimpan bawang merah dalam keadaan dingin, hal tersebut dapat menyebabkan laju reaksi antara enzim dan substrat melambat sehingga gas pemicu keluarnya air mata akan menjadi lambat diproduksi ketika bawang merah diiris. Penggunaan kipas angin dapat membuat gas yang dapat mengiritasi mata tersebut menjauh dan tidak mengenai bola mata kita.

Setelah mengetahui, manfaat, kandungan, dan pemicu produksi air mata, kita harus mengetahui bagai mana ciri-ciri dari bawang merah yang memiliki kualitas yang baik, berikut ini adalah cir-cirinya :
1. Kondisi cukup kering
2. Agak keras jika dipencet
3. Aromanya kuat
4. Kulit umbi berwarna terang
5. Tidak sedang berkecambah

Demikianlah Ulasan mengenai Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Manusia yang harus di ketahui oleh siapa saja karena begitu banyaknya manfaat dari Bawang Merah itu sendiri sehingga kita bisa mengkonsumsi bawang merah secara teratur guna menjaga keseimbangan tubuh sehingga menjadi sehat selalu.