Mengenal asteroid beserta jenis-jenisnya

Mari kita Mengenal Mengenal asteroid beserta jenis-jenisnya ? Kata Asteroid pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita banyak berita mengenai Asteroid yang pernah kita dengar juga, tetapi apakah kita tau apa itu asteroid? Asteroid merupakan objek benda langit yang memiliki ukuran yang kecil yang mengorbit Matahari. Terdapat banyak asteroid di Tata Surya kita. Sebagian besar dari asteroid itu berada di sabuk asteroid utama yaitu di wilayah antara orbit Mars dan Jupiter. Asteroid terbentuk dari batuan luar angkasa dan memiliki kandungan logam seperti nikel dan besi.
Mengenal asteroid beserta jenis-jenisnya

Mengenal asteroid beserta jenis-jenisnya

Awalnya asteroid terbentuk dari sisa pembentukan Tata Surya kita. Tata Surya kita terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu ketika awan besar dari gas dan debu hancur.
Selain di Sabuk Utama, ternyata asteroid juga bisa ditemukan di tempat lain. Sebagai contoh, beberapa asteroid ditemukan di jalur orbit planet. Ini berarti bahwa asteroid dan planet ini mengikuti jalur yang sama mengelilingi Matahari. Bumi dan beberapa planet lain memiliki asteroid seperti ini yang di gambarkan Nasa .

Asteroid terbentuk bersamaan dengan benda-benda lain di Tata Surya kita, oleh karena itu batuan ruang angkasa ini dapat memberikan banyak informasi kepada para ilmuwan tentang sejarah planet dan Matahari. Para ilmuwan dapat belajar tentang asteroid dengan mempelajari meteorit: asteroid kecil yang terbakar melalui atmosfer kita dan mendarat di permukaan Bumi. Terdapat beberapa misi luar angkasa yang dilakukan oleh NASA yang telah mengamati asteroid.

Pesawat ruang angkasa NEAR Shoemaker mendarat di Eros, asteroid dekat-Bumi, pada tahun 2001. Kemudian, pesawat ruang angkasa Dawn melakukan perjalanan ke Sabuk Asteroid pada tahun 2011 untuk mengorbit dan mempelajari objek terbesar kedua di sana, Vesta. Pada tahun 2016 juga, NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx untuk mempelajari asteroid dekat Bumi bernama Bennu dan membawa sampel asteroid kembali ke Bumi, dan dua tahun kemudian OSIRIS-REx pergi ke orbit di sekitar Bennu. Bennu adalah benda terkecil yang pernah di orbit oleh pesawat ruang angkasa.

Asteroid yang orbitnya relatif dekat dengan Bumi dengan jarak perihelionnya kurang dari 1,3 AU dikenal sebagai Asteroid Dekat-Bumi (ADB) dan termasuk kelompok Objek Dekat-Bumi. Sebagian besar asteroid dekat-Bumi berasal dari asteroid Sabuk Utama dan terganggu melalui tabrakan antar asteroid atau pengaruh gravitasi dari Jupiter.

Dengan perkiraan masa hidupnya sekitar 10 juta tahun sampai 100 juta tahun, nasib akhir dari asteroid dekat-Bumi yaitu terlempar dari Tata Surya karena terlempar oleh gravitasi atau tabrakan dengan planet-planet terestrial.
Asteroid dekat-Bumi yang memiliki potensi mengancam Bumi dilabeli dengan Potentially Hazardous Asteroids (PHA) ketika mencapai 0,05 SA dari orbit Bumi. Beberapa orbit ADB memotong Bumi sehingga menimbulkan bahaya tabrakan.

Terdapat empat kelompok asteroid dekat-Bumi yaitu Apollo, Aten, Amor dan Atira. Berikut penjelasan dari keempat kelompok asteroid.

a. Apollo
Apollo merupakan kelompok asteroid pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 1862. Asteroid Apollo termasuk ke dalam kelompok asteroid dekat-Bumi dengan jarak perihelion kurang dari 1,017 SA, dan sumbu semi-mayor lebih besar dari 1 SA. Apollo memiliki ukuran kurang dari 10 km (1866 Sisyphus adalah yang terbesar yang ditemukan sejauh ini) dan membentuk mayoritas populasi yang orbitnya memotong atau menyebrangi orbit Bumi dan Apollo termasuk asteroid yang berpotensi berbahaya.

Masa hidup Apollo relatif singkat yaitu sekitar 10 juta tahun. Hal itu dikarenakan potensi mereka untuk bertabrakan dengan planet-planet bagian dalam, yang berarti bahwa populasi tidak terbentuk di tempat dan harus terus diisi ulang. Meskipun beberapa tidak diragukan lagi adalah inti komet yang punah, kini diperkirakan bahwa mayoritas Apollo berasal dari sabuk asteroid utama dan dikeluarkan ke orbit mereka saat ia terkena interaksi gravitasi dengan Jupiter.

b. Aten
Aten merupakan kelompok asteroid dekat-Bumi yang ditemukan pertama kali pada tahun 1976. Asteroid Aten yang ditemukan pertama kali diberi nama 2062 Aten. Aten memiliki jarak aphelion lebih besar dari 0,983 SA, dan sumbu semi-mayor kurang dari 1 SA. Ini berarti bahwa mereka memiliki periode orbit kurang dari satu tahun dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka tersembunyi oleh Matahari.

c. Amor
Asteroid Amor pertama ditemukan pada tahun 1898. Asteroid Amor memiliki jarak perihelion antara 1,017 dan 1,3 SA dan sumbu semi-mayor lebih besar dari 1 SA. Meskipun mereka tidak melintasi orbit Bumi, sebagian besar dari mereka menyeberangi orbit Mars, dan mereka yang eksentrisitasnya ekstrim memiliki aphelion di luar orbit Jupiter.

Pertemuan dekat dengan Bumi atau Mars dapat mengubah orbit dari Amor, dan mereka dapat berevolusi menjadi asteroid Apollo yang melintasi Bumi. Masa hidup mereka juga dipersingkat oleh potensi mereka untuk bertabrakan dengan Mars, yang berarti bahwa populasi tidak terbentuk di tempat dan harus terus diisi ulang.

Berdasarkan dari kisaran besar komposisi asteroid Amor menunjukkan bahwa mereka berasal dari berbagai sumber yang berbeda. Beberapa tidak diragukan lagi memiliki inti komet yang punah, yang lain dikeluarkan dari celah Kirkwood di sabuk asteroid utama melalui interaksi gravitasi dengan Jupiter, sementara yang lain mungkin terganggu dari sabuk asteroid utama melalui gangguan yang disebabkan oleh Mars.

d. Atira
Atira adalah asteroid yang orbitnya sepenuhnya terkurung dalam orbit Bumi, maksudnya yaitu orbitnya memiliki aphelion (titik terjauh dari Matahari) yang lebih kecil dari perihelion Bumi (titik terdekat dengan Matahari), yaitu 0,983 satuan astronomi (SA). Asteroid Atira sejauh ini merupakan kelompok terkecil dari objek dekat Bumi dibandingkan dengan asteroid Aten, Apollo, dan Amor. Atira yang dicurigai pertama adalah 1998 DK36, dan yang pertama dikonfirmasi adalah Atira 163693 pada tahun 2003.

Nah itulah pejelasan dari Mengenal asteroid beserta jenis-jenisnya .Ternyata asteroid menarik juga untuk dipelajari lagi secara lanjut selain itu juga bisa mencarinya di social media yang membahas mengenai Asteroid semoga saja informasi di atas bisa memberikan manfaat informasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui mengenai asteroid.