Sejarah Nasi Goreng dan Cara Membuatnya ?

Sejarah Nasi Goreng dan Cara Membuatnya ? Seperti yang kita tau nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan warga lokal maupun mancanegara. Ternyata makanan satu ini sebenarnya merupakan resep bawan dari negeri tirai bambu. nasi goreng ternyata sudah ada di negara Cina sejak 4.000 tahun Sebelum Masehi (SM). Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Cina yang tidak suka dengan makanan yang sudah dingin.
Sejarah Nasi Goreng dan Cara Membuatnya

Sejarah Nasi Goreng dan Cara Membuatnya

Oleh sebab itu, mereka mencoba untuk memasak kembali (nasi (di Wikipedia) yang sudah dingin. Agar rasanya lebih enak, mereka memasukkan bumbu-bumbu ketika mereka memasaknya. Tidak disangka, ternyata nasi goreng yang dibuat sangat digemari masyarakat Cina pada saat itu. Karena rasanya yang enak, resep masakan nasi goreng ini pun tersebar, mereka pun dapat memanfaatkan nasi yang sudah dingin. Dengan adanya ide membuat nasi goreng, pemborosan beraspun saat itu sudah ada solusinya.

Bagaimana nasi goreng bisa masuk ke Indonesia?

Pada abad ke-10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia dan saat itu mereka tersebar di berbagai pulau. Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang terdapat ditempat mereka berada. Oleh sebab itu seperti yang kita ketahui ada nasi goreng seafood untuk orang daerah pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat pegunungan.

Nasi goreng dibuat dari olahan nasi dicampur dengan racikan bumbu tertentu. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis nasi goreng, seperti nasi goreng jawa, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng petai, dan nasi goreng dengan variasi lainnya. Makanan ini banyak ditemukan dimana saja dan kapan saja, mulai dari warung kaki lima, restoran, kafe, hingga hotel. Selain itu, banyak ibu rumah tangga yang menjadikan nasi goreng menjadi hidangan utama baik itu pada saat sarapan, ataupun pada saat malam hari. Hal ini dikarenakan cara pembuatan dari nasi goreng itu sendiri sangat mudah. Berikut resep dan tata cara membuat nasi goreng sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

Bahan-bahan :
– 1 piring nasi putih
– 1 butir Telur ayam
– 3 siung bawang merah
– 1 siung bawang putih
– 2 buah cabai merah
– garam secukupnya
– penyedap rasa secukupnya
– kecap manis secukupnya
– 2 lembar sawi hijau
– 1 buah tomat
– 1 buah timun
– minyak goreng

Cara Pembuatan Nasi Goreng :

1. Memanaskan minyak secukupnya dalam wajan, setelah agak panas masukkan satu butir telur kemudian orak arik telur hingga matang dan tiriskan.

2. Menumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan terlebih dahulu.

3. Setelah tumisan bawang merah dan bawang putih agak kecoklatan dan aromanya sudah tercium, masukan nasi putih kemudian aduk hingga merata.

4. Memasukan telur yang sebelumnya sudah di orak arik dan cabai yang sudah dipotong kemudian aduk hingga merata.

5. Memasukan bumbu-bumbu seperti garam, penyedap rasa agar gurih, dan kecap lalu aduk hingga merata.

6. Sesudah tercampur dengan merata, masukan 2 lembar sawi yang telah dipotong-potong kemudian aduk hingga merata.

7. Angkat nasi goreng dari wajan dan pindahkan nasi goreng keatas piring kemudian taruh potongan tomat dan potongan timun diatas nasi goreng agar tampilannya semakin menarik.

8. Nasi goreng siap dihidangkan, agar lebih nikmat bisa menambahkan kerupuk pada saat memakannya.
Nah, itu dia cara memasak nasi goreng sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba

Begitulah Sejarah Nasi Goreng dan Cara Membuatnya secara singkat telah di uraikan dalam artikel ini semoga saja resep nasi goreng bisa membantu siapa saja yang ingin mengetahui informasi mengenai cara membuat Nasi Goreng yang enak dan lejat serta tidak bosan memakannya setiap harinya.